Bikin baju seragam sendiri dengan teknik sablon manual

Bikin Baju Seragam

Pernahkah anda terfikir untuk bikin baju seragam sendiri? Tentunya hal ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan teknik sablon agar dapat memindahkan desain ke permukaan seragam yang anda inginkan. Pada dasarnya teknik sablon merupakan sebuah proses pemindahan desain dengan cara menggosokan tinta menggunakan penyaring khusus, bagi kalangan seniman teknik ini juga disebut dengan cetak saring.

Secara teknis mungkin cara ini terlihat mudah untuk diterapkan, namun perlu diingat bahwa cara ini membutuhkan ketelitian agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, dengan cara ini maka anda bisa bikin seragam sendiri tanpa harus menyewa jasa konveksi atau sablon kaos. Bikin baju seragam sendiri tentunya dapat menekan biaya, bahkan jika berhasil dalam penerapannya tentu ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Bagaimana cara bikin seragam sendiri dengan teknik sablon? Namun sebelum membahas tahapannya, ada baiknya anda mengetahui beberapa jenis sablon yang umum dilakukan dalam pembuatan seragam atau kaos.

Baca juga: 10 Cara Bikin Baju Brand Sendiri, Peluang bisnis yang menguntungkan

Jenis jenis sablon

Dalam dunia konveksi atau produksi barang tekstil ada beberapa jenis sablon yang umum dilakukan, beberapa diantara sebagai berikut:

  • Sablon manual

Berdasarkan namanya, teknik sablon manual ini menggunakan alat yang sederhana dan proses pengerjaan dilakukan secara manual, beberapa alat yang perlu disiapkan untuk sablon manual seperti, varian cat, monil, rakel serta pengering. Beberapa konveksi mengerjakan sablon manual ini untuk pembuatan kaos, plastik, bahan kimia dan beberapa produk terkait lainnya.

  • Sablon digital

Berbeda dengan sablon manual, pengerjaaan pada sablon digital dilakukan oleh mesin, yaitu printer yang memiliki ukuran tertentu, gambar atau desain yang ingin dipindahkan pada seragam akan diproses secara otomatis. Tidak hanya itu pengerjaan sablon digital mencakup pada pencampuran cat, pengeringan dan pengolesan bahan kimia sebagai perekat desain pada seragam atau kaos.

  • Sablon sublimasi

Jenis sablon ini merupakan teknik yang banyak digunakan terutama dalam pembuatan seragam seperti kaos, teknik sublimasi merukan sebuah proses pemindahan tinta dengan melakukan sublim terhadap permukaan seragam, teknik ini dapat menghasilkan desain yang lebih kokoh, bahkan pada bahan yang lentur seperti spandex. Sederhananya teknik seblim ini menggunakan suhu panas untuk memindahkan desain dari kertas sehingga desain bisa berpindah secara maksimal pada permukaan seragam.

  • Sablon plastisol

Jika ingin hasil sablon yang lebih tebal dan timbul maka sablon plastisol adalah solusinya, plastisol sendiri merujuk pada jenis cat yang digunakan saat melakukan tranfer desain pada permukaan kain atau seragam, namun perlu dipahami bahwa penerapan sablon plastisol ini lebih bagus jika digunakan untuk bahan yang berwarna gelap, seperti hitam atau dongker.

Dari beberapa jenis sablon tersebut dapat dilihat perbedaannya, dari segi bahan, proses produksi serta kualitas yang dapat dihasilkan. Begitu juga dengan sablon manual yang dianggap memiliki daya tahan kuat jika di bandingkan dengan sablon lainnya.

Tahapan bikin baju seragam dengan sablon manual

Setelah mengenal beberapa jenis sablon tersebut selanjutnya mari pelajari tahapan bikin baju seragam dengan menggunakan sablon manual, berikut proses nya:

  1. Siapkan bahan seperti desain yang ingin dipindahkan pada area seragam, anda bisa membuat desain menggunakan software desain seperti CorelDraw ataupun Photoshop, pastikan desain dibuat dengan warna hitam, agar bisa dipindahkan nantinya dan jika desain anda memiliki beberapa warna maka pisahkan bagian tersebut dan tandai warna yang ingin diberikan. Pastikan background transparant atau polos, jika tidak maka gambar yang tidak anda inginkan akan ikut menempal pada monil.
  • Siapkan kaos atau seragam sebagai media untuk memindahkan desain yang sudah anda buat, pastikan berada pada tempat yang bersih dan permukaan yang rata. Sebaiknya gunakan papan atau beda lainnya yang memiliki permukaan rata dan masukan kedalam baju sebagai alas saat memindahkan desain menggunakan cat.
  • Persiapkan monil (penyaring khusus) yang sebelumnya sudah diolesi bahan kimia, monil berbentuk kotak dengan frame kayu yang terdapat semacam kain berongga sebagai lubang penyaringan. Bahan kimia yang dioleskan berfungsi untuk menutupi lubang yang tidak terkena desain atau gambar. Proses pemindahan menggunakan bantuan cahaya UV dari lampu, jika pemindahan berhasil maka desain akan tembus dan bisa di oleskan cat.
  • Setelah proses pemindahan selesai dan desain sudah terlihat pada area monil, maka selanjutnya tempelkan monil pada permukaan kain atau seragam, pastikan permukaannya rata dan buatlah kuncian pada monil agar tidak goyang saat proses pengolesa cat. Pasangkan beberapa kuncian pada frame monil tersebut, anda bisa menggunakan paku atau mur yang bisa di bongkar pasang.
  • Jika persiapan sudah selesai, maka oleskan cat pada monil, jika area desain besar maka berikan cat dalam jumlah yang banyak untuk menghindari kekurangan cat pada saat pengolesan, jika nantinya memiliki sisa, cat bisa dikumpulkan kembali dan di simpan kembali. Proses pengolesan dilakukan secara merata sampai seluruh area desain tersentuh cat, lakukan pengolesan dengan rakel dengan olesan satu arah.
  • Setelah proses selesai, angkat monil dan seragam tersebut, letakkan di tempat yang terkena sinar matahari untuk proses pengeringan, atau jika tidak ada matahari maka bisa menggunakan pengering lain seperti hair dryer. Setelah kering maka seragam sudah selesai dan bisa digunakan.

Seluruh rangkaian dan tahapan ini perlu dilakukan dengan hati hati dan teliti, membutuhkan sedikit ruangan untuk proses pengerjaannya. Mungkin ini terlihat mudah namun setiap tahapan perlu dipahami lebih mendalam, dan jika berhasil maka anda bisa bikin baju seragam sendiri dengan teknik sablon manual ini.

Jika anda sekarang ini membutuhkan rekomendasi terkait bikin baju seragam, maka pusatseragam.id adalah solusinya, anda bisa mengunjungi akun Instagram pusatseragam.id ataupun Tiktok pusatseragam.id untuk mendapatkan berbagai jenis rekomendasi seragam ataupun t-shirt.