Membangun Identitas sebuah lembaga corporate dengan memanfaatkan seragam kantor

Corporate
corporate

Corporate, adalah sebuah istilah yang merujuk kepada hal yang berkaitan dengan sebuah perusahaan yang menjalankan bisnis secara global dan struktural. Dalam sebuah lembaga korporasi biasanya terdiri dari struktur kepemimpinan ataupun pembagian kerja dalam masing-masing bidang, seperti dewan direksi, manejemen hingga karyawan tetap, mereka juga berfokus dalam suatu tujuan berdasarkan visi dan misi dari perusahaan itu sendiri.

Secara hukum perusahaan corporate memiliki hukum dalam menjalankan bisnisnya, yang mana mereka akan menjalankan hak dan kewajiban antara masing-masing pihak. Dalam artian lainnya corporate sangat berkaitan dengan branding yang mereka bangun sebagai pengembangan citra perusahaan, bahkan setiap rangkaiannya akan melibatkan logo perusahaan, visi misi dan slogan yang berhubungan dengan perusahan itu sendiri.

Sebuah perusahaan corporate tentu membutuhkan identitas dalam mengembangkan bisnisnya, selain itu dengan adanya identitas maka perusahaan tersebut bisa lebih cepat mendapatkan nama dan citra di kalangan masyarakat. Salah satu upaya yang mereka terapkan adalah dengan membuat seragam kantor sebagai identitas perusahaan, biasanya para karyawan diberikan seragam agar nama perusahaan tersebut bisa lebih dikenal.

Bagaimana seragam bisa menjadi sebuah identitas corporate?

Identitas bisa diartikan sebagai tanda pengenal sebuah perusahaan, tentunya seragam adalah salah satu alternatif yang bisa diterapkan corporate dalam upaya memperkenalkan diri kepada masyarakat, ada beberapa point yang bisa kita pelajari yang mana setiap itu akan menjawab pertanyaan terkait peranan seragam dalam membentuk identitas sebuah perusahaan corporate.

  1. Membangun professionalitas dalam bidang pekerjaan

Tentunya hal ini bisa didapatkan dengan memanfaatkan seragam kerja dari sebuah perusahaan corporate, dimana setiap seragam dirancang khusus untuk memperlihatkan nama perusahaan, dari segi penggunaannya seragam digunakan secara konsisten dari hari kehari. Bagi para karyawan seragam dapat mendorong semangat dalam bekerja, karena mereka membawa nama perusahaan tersebut.

Baca juga: Seragam Corporate, Identitas Perusahaan

Dengan seragam karyawan juga akan lebih mudah dikenali dari segi bidang hingga nama karyawan tersebut, jika perusahaan corporate bertanggung jawab dalam sebuah layanan jasa maka ini akan sangat berdampak karena karyawan lebih banyak bertugas dilapangan dan berhubungan langsung dengan masyarakat. Selain itu rasa bangga saat menggunakannya juga dapat mendorong karyawan lebih produktif dan selalu menjaga citra perusahaan dimanapun berada.

  • Meningkatkan pengenalan brand

Sebuah perusahaan corporate tentunya membidangi berbagai pekerjaan, mulai dari layanan jasa, penjualan produk hingga layanan masyarakat, yang mana jika menggunakan seragam dalam setiap kegiatannya maka produk yang sedang dijual akan lebih cepat laku, ini juga akan bergantung pada cara karyawan memberikan pelayanan kepada setiap customersnya, semakin bagus layanan maka produk akan semakin dikenal oleh masyarakat.

Jika perusahaan bergerak dalam bidang layanan jasa maka client akan melihat professioanlitas karyawan dari seragam yang digunakan, banyak perusahaan corporate yang mencoba branding perusahaannya, mereka memulai menarik client dengan membuat seragam dengan konsep desain yang menarik, bahkan mereka yang bukan karyawan pun akan sangat bangga jika memiliki seragam serupa, ini bisa dilihat pada masa sekarang ini.

corporate
  • Motivasi bagi karyawan

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, seragam kantor dapat memberikan motivasi tersendiri bagi karyawan, bahkan banyak dari kalangan anak muda yang ingin bekerja di lembaga corporate tersebut, mereka terpacu motivasi untuk mendapatkan kualitas agar dapat bekerja di perusahaan tersebut. Ini juga membuktikan bahwa seragam kerja dapat dijadikan sebagai branding identitas yang cukup berdampak bagi setiap kalangan.

Bagi mereka yang menggunakan seragam kantor tentunya juga bisa meningkatkan rasa percaya diri yang lebih karena citra perusahaan yang bagus dimata publik, dilihat dari sebuah survei terkait yang mengatakan bahwa karyawan merasa nyaman dan merasa lebih semangat dalam bekerja akibat munculnya rasa bangga yang disebabkan oleh seragam kerja yang mereka gunakan.

  • Memberikan keamanan lingkungan kantor

Sebuah perusahaan corporate tentunya memiliki lingkungan kerja yang luas, akan sangat bahaya jika ada orang luar perusahaan yang masuk kedalam untuk berniat melakukan kejahatan, namun dengan adanya seragam kerja tentu tidak semua orang bisa masuk kedalam lingkungan tempat kerja, ini adalah alasan kenapa seragam kerja dapat memberikan keamanan terhadap lingkungan kantor atau perusahaan tersebut.

Tentunya sebuah kejahatan seperti pencurian atau perampokan bukanlah sesuatu yang diinginkan, namun dengan menggunakan seragam sebagai sebuah identitas atau branding corporate tentu ini memberikan dampak yang positive terhadap perusahaan itu sendiri, terhindar dari rencana kejahatan dan membuat nama perusahaan dikenal semakin baik di kalangan masyarakat dan lingkungan sekitar.

  • Solidaritas dan kebersamaan

Point terakhir yang juga dampak dari keberhasilan corporate membangun citra yang bagus adalah munculnya rasa kebersamaan antar setiap karyawan, solidaritas ini bisa muncul akibat adanya rasa bangga terhadap perusahaan serta memiliki satu tujuan bersama dalam memajukan perusahaan, kemudian itu berubah menjadi sebuah rasa kebersamaan yang kuat, tolong menolong antar sesama karyawan serta saling menghargai antar sesama merupakan bentuk solidaritas dari terbentuknya citra perusahaan corporate yang baik.

Lima point tersebut mungkin bisa membuktikan bagaimana peranan seragam dalam membangun identitas sebuah perusahaan corporate, seragam kerja dijadikan sebagai alternatif untuk memperkenalkan perusahaan kepada publik dengan begitu corporate akan mendapatkan pasar yang lebih besar.

Seragam corporate menjadi sebuah identitas bagi setiap perusahaan yang membutuhkannya, ketersediaan seragam ini bisa anda dapatkan melalui laman web pusatseragam.id ataupun akun Instagram pusatseragam.id, ada banyak varian yang bisa dilihat sebagai acuan untuk memilih jenis yang diinginkan, detail informasi bisa anda dapatkan dengan menghubungi tim marketing yang siap memberikan pelayan terbaiknya.