Tantangan sebagai penjahit seragam kerja dalam menghasil produk terbaik

Penjahit Seragam Kerja
Penjahit Seragam Kerja

Menjadi seorang penjahit seragam kerja tentunya bukanlah sebuah profesi yang sederhana, dari segi keuntungan saja para penjahit bisa mendapatkan penghasilan yang cukup jika dipercaya dalam banyak proyek dalam menjahit baju. Profesi penjahit sendiri juga bukan pekerjaan yang mudah karena mereka di tuntut untuk menghasilkan seragam kerja yang berkualitas dan pekerjaan yang rapi agar dapat memuaskan para customers.

Penjahit seragam kantor ini pada dasarnya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu penjahit perseorangan dan penjahit yang bekerja untuk sebuah konveksi tekstil, bagi mereka yang bekerja perseorangan biasanya akan mendapatkan upah sesuai jumlah seragam yang dikerjakan, sedangkan mereka yang bekerja pada sebuah industri konveksi tentunya mendapatkan gaji bulanan sesuai kesepakatan kontrak kerja.

Dalam menjalankan professi ini seorang penjahit memiliki tantangan sendiri dalam menjalankan pekerjaannya, mereka dituntut untuk dapat menyelesaikan sebuah orderan dengan tepat waktu serta menjaga kualitas sesuai standar perusahaan, terlepas dari semua itu, para penjahir seragam kerja ini memiliki jiwa seni yang cukup tinggi, karena dalam menjahit ada beberapa teknik yang digunakan untuk tujuan tertentu, agar lebih mudah di pahami mari kita mengenal sedikit teknik teknik dalam menjahit yang mungkin sering kita lihat di seragam kerja sehari-hari.

Jenis jahitan sering digunakan penjahit seragam kerja

Setiap jenis jahitan ini dibedakan sesuai kebutuhan, yang mencakup kepada jenis bahan yang dijahit, peranannya dalam setiap sisi seragam dan lain sebagainya.

  1. Straigh Stitch

Jenis teknik jahitan yang paling umum adalah jahitan dasar atau jahitan lurus, dimana pada awal pengerjaan penjahitan maka kain atau bahan seragam tersebut perlu digabungkan menjadi satu kesatuan, dengan menggunakan jahitan lurus maka bahan tersebut bisa menyatu dan lebih mudah untuk di atur agar ukurannya sesuai dengan pesanan, jahitan lurus bisa dilakukan dengan menggunakan mesin ataupun jahitan tangan saja.

  • Zigzag

Seperti namanya, teknik jahitan ini digunakan dengan membentuk pola zigzag diarea bahan kain, dimana teknik ini diterapkan untuk mencegah bahan rusak yang mana kita tahu bahwa bahan atau kain pembuatan seragam dibentuk menggunakan benang, sehingga perlu kuncian di sisi kain agar benang tidak lepas, selain itu taknik ini dilakukan agar hasil jahitan terlihat lebih rapi dan lebih professional.

  • Overlock

Sedikit memiliki persamaan dengan teknik Zigzag, namun digunakan pada bahan yang lebih tebal dan lebih kasar, untuk melakukan teknik ini maka dibutuhkan mesin khusus agar bisa menekan sisi pakaian yang di kunci, bertujuan agar sisi terlihat rapi dan tidak rusak saat di gunakan.

  • Top stitch

Top stitch atau jahitan atas merupakan istilah dari penambahan detail dari sebuah seragam kerja, biasanya para penjahit akan menambahkan lapisan jahitan top stitch agar seragam terlihat lebih kokoh dan bagian tertentu bisa lebih ditonjokan dengan menggunakan teknik jahitan ini, dalam prakteknya teknik ini dilakukan diatas jahitan sebelumnya, sehingga lapisan terkesan elegan dan lebih rapi.

  • Freanch seam

Mungkin anda pernah melihat seragam kerja yang memiliki lapisan kain tipis di area dalam, yang mana lapisan itu dijahit menggunakan teknik freanch seam karena bahan yang tipis dan halus, sehingga rentan mengalami kerusakan jika menggunakan teknik zigzag ataupun jahitan lurus, jahitan tersebut bertujuan untuk merapikan area tertentu dan memberikan kenyamanan saat digunakan.

  • Blind Stitch

Bagi anda yang senang menggunakan pakaian yang sisi kainnya tidak terlihat bekas jahitan, maka itu dilakukan dengan menerapkan teknik blind, sehingga area tersebut tidak ada bekas jahitan secara kasat mata, namun tetap saja pada bagian dalam bisa ditemukan, ini banyak digunakan pada seragam kerja modern, mereka sengaja memesan agar seragam terlihat lebih mewah.

Baca juga: Peran Penjahit Seragam Kerja Rumah Sakit

Tantangan yang wajib dipenuhi oleh penjahit seragam kerja

Seperti yang sudah kita singgung di awal bahasan, penjahit seragam kerja bukanlah sebuah profesi yang mudah, mereka wajib menjalankan tugas dengan tantangannya sendiri, beberapa tantangan yang dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Tepat waktu

Sebenarnya apapun pekerjaan haruslah diselesaikan dengan tepat waktu, namun bagi penjahit seragam kerja ini menjadi sebuah tantangan yang besar, terutama mereka yang bekerja perseorangan, karena bisa saja customers berdatangan dan penjahit harus ahli mengatur waktu agar bisa menyelesaikan semua pesanan.

  • Kreatifitas

Setelah kita mengenal teknik pada jahitan sebelumnya, tentu kita sadar bahwa menjahit butuh kemampuan dan dilakukan oleh tenaga ahli, namun selain itu mereka juga perlu meningkatkan kreatifitas dalam menjahit, terutama untuk menyelesaikan sesuatu masalah ketika sedang proses jahitan, maka mereka perlu kreatifitas agar bisa memecahkan masalah tersebut.

  • Kesehatan dan keselamatan

Kesehatan tentunya menjadi tantangan bagi para penjahit seragam kerja, karena di moment moment tertenu bisa saja mereka mengalami kekurangan tidur bahkan tidak tidur demi mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Menjaga pola makan serta mengatur jam tidur menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang berprofesi sebagai penjahit seragam kerja.

Penjahit Seragam Kerja
  • Konsistensi

Konsistensi mengacu kepada hasil kerja dan ketepatan waktu dalam pengerjaan, karena profesi ini dilakukan secara manual tentu hasilnya bisa saja berbeda antara pekerjaan pertama dengan pekerjaan selanjutnya, namun jika memiliki konsistensi yang bagus dalam pengerjaan maka perusahaan atau usaha penjahit ini akan mendapatkan hasil yang bagus, stabil dan konsisten dari hasil pekerjaannya.

Setiap pekerjaan tentunya memiliki tantangannya masing-masing, baik itu pekerja kantor, pekerja lapangan ataupun para penjahit seragam kerja, dibutuhkan kedisiplinan dalam bekerja agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jika saat ini anda sedang membutuhkan ahli jahit dan konveksi, maka anda bisa mengunjungi website pusatseragam.id untuk melihat penawaran yang mereka tawarkan anda juga bisa mengikuti media sosial Instagram pusatseragam.id dan Tiktok pusatseragam.id.