Mulai bisnis buat baju dengan modal kecil

buat baju
buat baju

Buat baju merupakan sebuah ide bisnis yang sebenarnya memiliki prospek yang cukup bagus, terutama dengan memanfaatkan internet dan media sosial sebagai media promosi tentunya akan menarik customers yang lebih banyak.

Namun bagi sebagian orang memulai bisnis harus diawali dengan mempersiapkan modal yang besar, untuk produksi, tempat atau toko hingga hal hal terkait lainnya yang sebenarnya bisa dibatasi jika ingin memulai bisnis, dengan membatasi pengeluaran yang sebenarnya tidak urgent maka seseorang bisa memulai bisnis buat baju tanpa harus mempersiapkan modal yang besar.

Jika saat ini anda sedang berfikir untuk memulai bisnis buat baju, namun terhalang oleh modal awal, maka anda berada dalam forum yang tepat, ada beberapa strategi yang bisa anda terapkan untuk memulai bisnis ini tanpa modal yang besar, berikut ulasannya.

Strategi bisnis buat baju modal kecil

Strategi yang bisa diterapkan mengacu kepada setiap individu yang ingin memulai bisnisnya, produk yang akan dipasarkan juga berpengaruh terhadap penerapan strategi berikut ini, namun secara global strategi tersebut sebagai berikut:

  1. Produk Knowledge

Strategi yang pertama akan berkaitan dengan barang yang akan dijual, seperti yang anda ketahui dalam bisnis buat baju akan terdapat beberapa kategori baju yang bisa dipilih sebagai fokus produk yang ingin dijual. Seperti halnya konveksi atau sablon kaos bagian dari bisnis buat baju, maka fokuslah pada satu jenis agar bisa mendapatkan pasar yang sesuai.

Pentingnya pengetahuan terhadap produk akan berpengaruh terhadap cara seseorang melakukan promosi atau pengembangan, target pasar serta ide kreatif dalam menjalankan promosi produk. Selain itu seseorang yang memahami produknya dengan baik tentu akan lebih mudah mendekatkan diri kepada customers, bahkan tidak sedikit dari mereka yang mendapatkan relasi luas karena sangat paham dengan produk atau bisnis yang sedang dikembangkan.

  • Riset Pasar

Setiap bisnis memiliki pasarnya sendiri, seperti halnya bisnis buat baju kaos dengan konsep kekinian tentu akan lebih banyak diminati oleh anak muda. Sebgitu juga dengan konveksi kemeja atau seragam akan mendapatkan pasar seperti sekolah, atau instansi yang membutuhkannya. Pentingnya riset pasar akan berkaitan dengan kemajuan bisnis, fokuskan promosi kepada pasar yang sesuai agar lebih mendapatkan perhatian dari customers yang ingin dijangkau.

Melakukan riset pasar tentu tidak membutuhkan biaya yang besar, memanfaatkan media online seperti website, hoster, platform media sosial yang jika di branding dengan baik tentu pasar tersebut akan mencari kita sebagai penjual.

  • Menentukan Supplier

Point penting yang perlu dilakukan adalah mendapatkan supplier dalam bentuk jasa yang sesuai dari segi harga dan kualitas produk, harga yang sesuai tentunya bisa memudahkan anda untuk memulai bisnis buat baju ini, jalin kerja sama dan bangun relasi yang baik agar bisnis ini bisa berjalan sesuai dengan keinginan.

Setiap supplier tentunya memiliki perbedaan masing-masing, terutama dari segi kualitas produk. Untuk itu penting mengetahui dan mempelajari track record dari supplier terlebih dahulu, nilai kualitas produk yang mereka berikan agar anda tidak ragu untuk menjalin kerja sama. Kualitas produk akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis buat baju yang sedanga dibangun.

  • Branding Produk

Branding sangatlah penting dalam bisnis terutama dimasa sekarang, branding yang baik akan mengikat calon customers serta membantu bisnis cepat dikenal dikalangan masyarakat. Oleh karena itu cobalah untuk fokus terhadap satu konsep, seperti desain baju, tema dan hal-hal terkait lainnya.

Membangun branding tidak perlu mengeluarkan biaya, anda bisa mempelajari detailnya melalui internet, bahkan banyak seminar yang dilakukan oleh professional tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Baca juga : 10 Cara Bikin Baju Brand Sendiri, Peluang bisnis yang menguntungkan

  • Pemasaran Online

Untuk memulai bisnis buat baju dengan modal kecil sebaiknya jangan terlalu fokus pada tempat atau toko, mulailah dengan memasarkan produk dimedia sosial ataupun E-Commerce yang memang sedang berkembang pesat pada masa sekarang ini.

E-commerce menjadi solusi terbaik dalam memulai bisnis, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat, cukup pasarkan dan buat ide kreatif dalam melakukan promosi. Maka tanpa disadari customers akan langsung berdatangan tanpa harus mengeluarkan biaya. Terlebih lagi fitur dari media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengarahkan customers langsung ke toko online.

  • Munculkan Ide Kreatif

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, ide kreatif akan membantu pemasaran produk yang lebih luas, dalam menjalankan promosi di internet serta mengikuti trend yang sedang berkembang maka bisnis buat baju ini bisa lebih dikenal dengan cepat.

Beberapa contoh ide kreatif adalah dalam bentuk desain foto produk, video produk yang unik dan menarik, jika mungkin dirasa tidak bisa membuatnya maka anda bisa meminta bantuan kepada tenaga desain grafis yang ahli dibidangnya, tentu biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih rendah dari pada harus menyewa toko atau ruko sebagai tempat untuk berjualan.

buat baju
  • Rutinitas dan Evaluasi

Strategi yang terakhir adalah melakukan promosi secara konsisten, serta mau melakukan evaluasi. Evaluasi bisa dimulai dengan menilai kualitas produk, strategi pemasaran atau target pasar. Seperti yang sudah kita bahas pada point sebelumnya, setiap strategi perlu dilakukan evaluasi dalam jangka waktu tertentu.

Beberapa strategi tersebut bisa anda terapkan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar untuk memulai bisnis buat baju, pelajari setiap pointnya dan kembangkan bisnis anda dengan lebih baik dan lebih efektif. Memulai bisnis tidaklah sulit pada masa sekarang, yang paling penting adalah komitmen kita untuk mencapai hasil, serta konsisten dengan bisnis buat baju yang sedang dibangun.

Bagaimana melihat bisnis buat baju yang menarik?

Bisnis buat baju dapat dijalankan sesuai dengan fokus produk yang ingin dipasarkan, seperti yang diterapkan oleh pusatseragam.id yang berfokus kepada industri konveksi dengan menyediakan berbagai jenis kebutuhan seragam ataupun t-shirt, silahkan kunjungi akan Instagram pusatseragam.id atau Tiktok pusatseragam.id untuk melihat jenis produk yang ditawarkan.