Memilih seragam corporate dengan desain yang menarik

Seragam Corporate
seragam corporate

Seragam corporate adalah sebuah atribut yang berguna sebagai penanda atau identitas dari sebuah perusahaan, pemilihan seragam corporate dalam sebuah perusahaan biasanya disepaki berdasarkan konsep desain dan model yang lebih formal, hal ini bertujuan agar perusahaan tersebut terlihat memiliki karyawan yang ahli dan professional dalam bidangnya.

Istilah corporate sendiri mengacu kepada sebuah lembaga, instansi atau badan usaha yang memiliki struktur organisasi yang jelas dan tertata, badan usaha tersebut identik dengan seragam formal sebagai penunjang profesionalitas dalam bekerja. Meskipun corporate mewajibkan seragam formal, namun bukan berarti karyawan harus berpenampilan kaku, mereka juga bisa mengkreasikan pakaian namun tetap dalam bentuk yang formal.

Jika saat ini anda sedang bekerja disebuah badan usaha corporate, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memilih desain untuk seragam kerja, namun sebelum itu ada baiknya anda mengenal jenis-jenis seragam corporate yang umum digunakan.

Ragam jenis seragam corporate

Pada dasarnya ada beberapa jenis seragam yang umum digunakan, ini dibedakan sesuai fungsi, bahan, serta kebutuhannya dalam bekerja,

  • Seragam Formal

Pada dasarnya seragam formal sangat mengutamakan tampilan yang sangat professional, sehingga mereka menggunakan setelan jas dengan dasi polos atau berwarna untuk laki-laki, dan perempuan menggunakan blazer dengan setelan rok. Kemudian ditambahkan atribut logo dengan model pin serta name tag yang seragam antar setiap karyawan. Seragam corporate dengan model formal biasanya menggunakan kemeja putih sebagai dalaman serta celana formal atau celana khaki.

  • Seragam Kasual

Jenis celana kasual cenderung lebih santai, biasanya digunakan oleh kayawan yang bertugas di lapangan, aktivitas luar kantor dan pertemuan sederhana dengan clien kerja, meskipun dianggap setelan santai namun secara tampilan seragam corporate yang satu ini masih terlihat sopan dan professional.

  • Seragam Medis

Seperti namanya, seragam medis digunakan oleh petugas kesehatan yang meliputi dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya. Pada dasarnya seragam corporate yang satu ini menggunakan bahan yang lebih tebal dengan ukuran yang lebih longgar agar memudahkan pekerjaan.

Masih banyak lagi jenis seragam corporate, yang mana setiap jenis akan dibedakan sesuai fungsi dari jenis pekerjaannya, selain itu perbedaannya juga terletak pada desain dan bahan pembuatan seragam tersebut.

Setelah memahami jenis seragam corporate, maka akan muncul pertanyaan tentang bagaimana memilih seragam kerja yang menarik untuk menunjang penampilan? Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan jika ingin mendapatkan seragam corporate yang menarik namun tetap terlihat formal.

Baca juga: Seragam Corporate, Identitas Perusahaan

Tips memilih seragam corporate dengan desain yang unik

Selain mengikuti aturan formal dalam memilih seragam corporate maka anda bisa memperhatikan beberapa point berikut,

  1. Pilih warna dan bahan yang nyaman

Seragam corporate memiliki banyak jenis dan variasi dari segi warna serta bahan yang digunakan, maka agar nyaman digunakan maka pilihlah bahan seperti katun, linen atau rayon. Bahan tersebut memiliki kualitas yang baik dan lembut saat digunakan, selain itu bahan ini bisa tahan dalam waktu yang lama, seperti halnya bahan katun, selain lembut bahan ini juga mampu menyesuaikan suhu dengan tubuh penggunanya.

Pilihan warna juga penting untuk diperhatikan, padukan warna yang seimbang seperti putih dan hitam atau satu warna seperti biru atau dongker, tambahkan blazer sebagai luaran agar terlihat lebih elegan. Dalam memilih warna sebaiknya tidak menggunakan warna yang terlalu cerah, karena bisanya warna cerah akan membuat orang sekitar tidak nyaman bertemu anda.

  • Ukuran yang sesuai dengan tubuh

Tentunya anda tidak ingin menggunakan pakaian yang terlalu kecil ataupun terlalu besar, maka sebelum membeli seragam kerja maka perhatikan ukuran yang diberikan oleh penjual atau distributor pakaian, jika ingin lebih professional maka pilihkan seragam dengan potongan slim fit, regular fit, atau loose fit untuk menambah nuansa berkelas saat digunakan.

Menentukan ukuran yang sesuai maka sebaiknya lakukan konsultasi kepada perancang pakaian yang ahli dibidangnya, mintalah mereka untuk mencarikan seragam corporate yang menarik sesuai dengan ukuran tubuh anda.

  • Detail dan atribut

Selain terlihat professional, seragam corporate juga perlu ditambahkan beberapa detail seperti pin dengan logo perusahaan atau bordiran di bagian lengan atau depan seragam. Jangan lupa menambahkan name tag jika perusahaan mewajibkan karyawannya menggunakan atribut tersebut. Detail lainnya yang juga sering dipasangkan pada seragam corporate seperti emblem bendera indonesia dan logo kementrian tertentu yang disesuaikan dengan lembaga tempat anda bekerja.

seragam corporate
  • Pemesanan seragam yang mudah dijangkau

Dalam sebuah lembaga atau badan usaha coporate, biasanya seragam yang bagus cenderung mendapatkan perhatian dari teman kerja atau bahkan atasan dikantor, oleh karena itu pastikan memesan seragam di tempat yang mudah terjangkau dan siap menerima pesanan dalam jumlah besar.

  • Sesuai fungsinya

Seragam corporate tentunya berbeda-beda meskipun dalam satu perusahaan, seperti tenaga lapangan dan karyawan kantor tentu memiliki desain dan bahan seragam yang sesuai dengan tempat bekerja, oleh karena itu pastikan seragam yang anda pesan sesuai dengan tempat bekerja, jika anda petugas lapangan pastikan seragam lebih tipis agar tidak panas saat digunakan dan pastikan seragam lapangan didesain lebih longgar agar lebih mudah dalam bergerak dan beraktivitas di luar kantor.

Beberapa tips ini dapat anda terapkan jika ingin menggunakan seragam corporate yang menarik, pada dasarnya seragam harusnya proporsional dan terlihat sopan guna menjaga citra dan nama baik perusahaan tempat anda bekerja.

Saat ini kebutuhan seragam corporate tidak sulit untuk didapatkan, karena pusatseragam.id adalah solusi terbaik untuk mendapatkan kebutuhan seragam sesuai dengan kebutuhan anda, berbagai jenis bahan, model dan rekomendasi desain yang bisa anda konsultasikan kepada pusatseragam.id. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa mengunjungi Instagram pusatseragam.id ataupun Tiktok pusatseragam.id.