Memahami konsep desain seragam BPJS Ketenagakerjaan

Seragam BPJS ketenagakerjaan
Seragam BPJS ketenagakerjaan

Seragam BPJS Ketenagakerjaan merupakan seperangkat atribut para karyawan yang digunakan saat berada dikantor dan di jam kerja, atribut ini diwajibkan penggunaanya sebagai bentuk identitas karyawan dari lembaga BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri. Sebagai bentuk identitas tentunya penggunaan seragam saat jam kerja perlu dilakukan oleh setiap karyawan, selain menjadi sebuah identitas, penggunaan seragam juga dinilai mampu meningkatkan semangat bekerja dan menjadi motivasi tersendiri bagi para karyawan.

Terlepas dari peran dan fungsinya yang penting itu, seragam BPJS Ketenagakerjaan terlihat sangat menarik dan elegan saat digunakan, para perancang seragam berhasil membuat sebuah seragam yang unik dan elegan, seperti apa konsep desain yang mereka rancang dalam seragam BPJS ketenagakerjaan? Kita akan mengetahuinya secara mendalam.

Komponen desain seragam BPJS Ketenagakerjaan

Namun sebelum mengetahui konsep desain secara menyeluruh ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu komponen desain pada seragam BPJS Ketenagakerjaan berikut ini,

  • Pemilihan warna

Warna merupakan komponen penting dalam pemilihan sebuah desain, terutama pada seragam kerja yang akan digunakan setiap hari, mengingat pentingnya pemilihan warna ini perancang desain dalam seragam BPJS Ketenagakerjaan memunculkan warna sebagai identitas lembaga, mereka memilih warna yang selaras dengan penggunaan logo pada seragam, logo tersebut merupakan logo resmi yang digunakan oleh BPJS ketenagakerjaan sebagai identitas mereka.

  • Pemilihan Bahan

Selain warna, bahan juga penting untuk dipertimbangkan guna memberikan kenyamanan sepenuhnya kepada karyawan yang menggunakan seragam ini, dan biasanya mereka menyesuaikan bahan dengan lingkungan kantor, bahan seperti katun atau poliester menjadi pilihan yang banyak digunakan pada seragam BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia. Pemilihan bahan akan bergantung lokasi tempat bekerja dan suhu pada daerah tersebut jika suhu cenderung dingin maka digunakan bahan yang agak tebal begitu juga sebaliknya jika suhu panas maka penggunaan bahan cenderung lebih tipis dan menggunakan bahan yang bisa menahan panas menyentuh kulit.

  • Model

Terkait model seragam, tentunya ini akan berbeda-beda tergantung kebijakan yang berlaku pada masing-masing instansi. Namun secara umum mereka memilih model setelan kemeja atau blazer dengan motif yang sederhana dan tetap mencantumkan emblem perusahaan itu sendiri, ada juga mereka yang memilih seragam setelan kemeja berkancing dengan celana hitam polos serta berbagai model desain lainnya.

Baca juga: Seragam BPJS Ketenagakerjaan

  • Ornamen tambahan

Dari seluruh komponen, tentunya ornamen menjadi hal yang paling penting adanya, karena ini merupakan identitas dari sebuah lembaga seperti BPJS, pemilihan ornamen juga berbeda-beda pada setiap kantor, namun yang paling umum digunakan adalah ornamen logo BPJS ketenagakerjaan, tulisan kecil tentang perusahaan, dan nama pada masing-masing karyawan yang juga dilengkapi dengan jabatan masing-masing karyawan. Beberapa pilihan lainnya adalah menambahkan emblem bendera Indonesia serta tulisan BPJS Ketenagakerjaan pada bagian belakang seragam.

Setelah melihat komponen pada desain seragam, maka selanjutnya kita akan mempelajari filosofi dari masing-masing komponen, namun perlu digaris bawahi bahwa setiap komponen bisa saja berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan namun yang paling umum dan pasti sama adalah logo pada seragam tersebut.

Seragam BPJS ketenagakerjaan

Filosofi logo seragam BPJS Ketenagakerjaan

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, logo merupakan sebuah identitas resmi dari sebuah lembaga atau perusahaan tertentu, keberadaan logo juga dapat mewakili dan memperkenalkan mereka dengan lebih cepat, berikut filosofi logo pada seragam BPJS ketenagakerjaan,

1.   Latar belakang

Mulai dari laterbelakang pembentukan logo, yang mana sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada pekerja di seluruh Indonesia, mereka melayani seluruh kepentingan dari pekerja dan menjadi penghubung dalam mendapatkan kesejahteraan seumur hidupnya, tujuan dari pembentukan ini yaitu berfokus kepada kesejahteraan dan mencapai kesuksesan bersama dengan pekerja yang ada di Indonesia.

Logo BPJS Ketenagakerjaan memiliki arti yang mendalam terkait apa yang ingin mereka capai, dimana mereka menggunakan warna dan ornamen yang sederhana namun memiliki makna yang cukup mendalam seperti pemilihan warna.

Warna Hijau dapat diartikan sebagai pengharapan dan dalam mencapai kemakmuran, kesegaran dalam menjalankan pekerjaan, serta membangkitakan semangat bersama agar dapat tumbuh dan mandiri dalam menjalankan kehidupan.

Warna Biru bercerita tentang loyalitas seorang karyawan terhadap perusahaannya, membangun kepercayaan untuk mewujudkan kemakmuran bersama juga menjadi landasan pemilihan warna tersebut. Sedangkan untuk warna kuning yaitu menggambarkan rasa semangat dan percaya diri pada masing-masing karyawan, dengan percaya diri maka besar harapan mereka untuk mencapai kemakmuran dan mewujudkan rasa optimisme antar sesama manusia.

Dari warna, mari kita beralih ke pemilihan ornamen, BPJS Ketenagakerjaan mengusung ornamen lingkaran, segitiga dan lingkaran yang tidak sempurna, secara filosofis mereka ingin mewujudkan keadilan, kemakmuran, dan keberlangsungan hidup manusia terutama mereka yang menjadi pekerja. Kemajuan bersama dapat dicapai jika fokus pada masing-masing bidang dan mencapai kesuksesan bersama.

Filosofi logo tersebut tergambar dengan jelas pada seragam BPJS Ketenagakerjaan, konsep desain logo yang unik tersebut mengambarkan bahwa mereka memiliki kreatifitas yang bagus dalam mengembangkan usaha, desain seragam pun juga cukup menarik, dan yang peling penting adalah dari seragam tersebut orang bisa lebih kenal dengan BPJS Ketenagakerjaan, ini merupakan bukti bahwa seragam BPJS Ketenagakerjaan berhasil menjadi sebuah identitas yang dapat membangun citra perusahaan itu sendiri.

Dari paparan tersebut bisa kita lihat bahwa ketersediaan seragam BPJS ketenagakerjaan sangat berpengaruh terhadap motivasi dan identitas bagi karyawan BPJS, untuk melakukan pemesanan seragam anda bisa mengunjungi pusatseragam.id sebagai penyedia jasa pembuatan seragam dengan berbagai variasi dan model yang juga bisa anda lihat di akun Instagram pusatseragam.id ataupun akun Tiktok pusatseragam.id.